Selasa, 18 Oktober 2011

Mobil Super McLaren Paling Mutakhir, Siap Ganjal Porsche dan Ferrari

 


Persaingan di segmen mobil super alias supercar memang tidak pernah ada habisnya. Setelah Porsche dan Ferrari menyatakan siap melahirkan 918 Spyder dan pengganti Enzo, kini McLaren yang maju ke depan dengan mengetes sebuah mobil baru yang akan menggantikan peran sang legenda, McLaren F1.Mobil anyar itu tengah mereka siapkan dan akan segera diluncurkan pada tahun 2014 mendatang.
Orang dalam di McLaren menjelaskan kalau saat ini mereka sudah melakukan uji coba untuk pertama kalinya dari mobil yang memiliki sebutan 'mega-Mac' di Spanyol bulan lalu sebelum dibawa ke Jerman untuk pengembangan lebih lanjut.
Seperti dilansir Autocar, Selasa (18/10/2011) pengetesan juga akan dilakukan di Bahrain sebagai bagian dari pengetesan ketahanan ketika udara panas.
Kemungkinan awal mobil ini akan dilepas dengan hargan 400 ribu pounds (Rp 5,5 miliar) per unit. Namun kemungkinan banderol harga untuk mobil ini akan merangkak naik menjadi sekitar 1 juta pounds atau sekitar Rp 13,9 miliar.
Harga setinggi itu kemungkinan harus dirogoh oleh para pecinta mobil sport sebab McLaren kemungkinan hanya akan memproduksi mobil ini sebanyak 500 unit saja.Sebagai perbandingan, McLaren F1 ketika pertama kali keluar pada tahun 1994 harganya sekitar 540 ribu pounds. Angka itu bila dikonversi ke tahun 2011 maka akan menjadi sekitar 810 ribu pounds.
Dapur pacu mega-Mac kemungkinan akan diisi oleh sebuah mesin V8 terbaru dengan kapasitas 5.0 liter yang mampu memproduksi tenaga sebesar 799 bhp yang tersalurkan ke roda belakang melalui transmisi dual-clutch 7-speed.Peak power mesin ini akan bisa dirasakan di putaran 7.500 rpm, sementara torsi sebesar 590 lb-ft di dapat di rentang kitiran 3.500 rpm hingga 6.800 rpm.

Dengan kekuatan sebesar itu, diperkirakan mobil yang akan menggunakan bahan carbon-fibre sebagai tubuhnya ini akan mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam tempo 2,8 detik saja.

Sumber: Detik
salam buntu;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar